Kanwil Kemenag Survei Lahan Wakaf Produktif

Kanwil Kemenag Survei Lahan Wakaf Produktif
Share

Wakafnews.com--Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh melalui Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf (Penaiszawa) terus melakukan survei  dan mendorong pendayagunaan aset wakaf di Aceh.

Kasi Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Bidang Penaiszawa Nashrullah SAg MA jelaskan, di antara pemanfaatan lahan wakaf produktif ialah dengan menanam aneka tanaman yang sesuai dengan kondisi alam setempat, seperti durian, cabai, bawang, dan tanaman muda lainnya.

Juga disuburkan dengan tanaman serei wangi, seperti di pesisir Samudera Indonesia, Aceh Jaya.

"Survei lahan wakaf produktif tim Kanwil baru-baru ini dilakukan pada lahan wakaf di Gampong Lhok Geulumpang Kecamatan Setia Bakti Aceh Jaya," sebut Abi Nashrullah, yang juga telah memantau lahan yang wakaf di pondok pesantren (pontren), Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat.

"Waqif  lahan yang dibudidayakan tanaman untuk sulingan minyak itu ialah  Haji Mustafa," imbuh Nashrullah, yang sebelumnya menjabat Kasubbag TU Kankemenag Aceh Besar.

"Lahan wakaf yang sudah dibudidayakan serei wangi, dan alhamdulillah sudah diolah dengan proses pabrik, bekerjasama dengan Global Wakaf-Aksi Cepat Tanggap (ACT) selaku nazhir dalam proses penyulingan minyak serei," jelasnya yang sebelumnya, bersama tim juga telah meninjau lahan wakaf di Desa Blang Rakal, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh.

"Lahanan yang sudah ada sertifikat wakaf di kawasan yang terkenal dengan pantai indahnya tersebut, untuk lahan seluas 10 hektar," tutup Nashrullah, yang pernah bertugas sebagai Penghulu di KUA di Aceh Besar.

Kakankemenag Aceh Jaya H Samsul Bahri SAg apresiasi pemanfaatan lahan produktif. Saat tim ke Aceh Jaya, didampingi Penyelenggara Zakat Wakaf Kankemenag Aceh Jaya H Ismet Mahdi SAg. (smh) 

Sumber: aceh.kemenag.go.id

0 Response

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel