Yayasan DIAB Bahas Wakaf Uang

Yayasan DIAB Bahas Wakaf Uang
Share

Wakafnews.com, Aceh Besar -- Yayasan Dayah Imam Al-Bukhari (DIAB) bekerjasama dengan Yayasan Pendidikan Wakaf Mulia Indonesia (Wakaf Mulia Institute)  membahas wakaf uang dalam training Bedah Wakaf Uang dan Taawun Wakaf serta Implementasi di Yayasan Pendidikan, Kamis, 11 Februari 2021 di DIAB, Seulimum, Aceh Besar.

Menurut Ketua Yayasan DIAB, Tgk Bukhari MA, kegiatan tersebut diikuti pengurus Yayasan DIAB dan dan dewan guru DIAB. Acara berlangsung khidmat di ruangan berukuran 8x9 meter di atas perbukitan Selimum, yang suasananya membuat peserta betah dan bersemangat.

“Kegiatan tersebut berlangsung secara daring dibekali oleh dua narasumber yaitu Sahroni SPd, Dewan Pembina Wakaf Mulia Institute dan Yon Hendri MA, Dewan Pengawas Wakaf Mulia Institute,” kata Tgk Bukhari. 

Menurut Tgk Bukhari, Yayasan DIAB  bertujuan membantu yatim piatu dan fakir miskin yang ingin menimba ilmu agama di dayah. 

Katanya, semangat membantu anak yatim dan fakir miskin tidak pernah surut sampai saat ini, hingga mendirikan yayasan yang berbasis pendidikan dayah Aceh yang bertujuan utama membantu yatim dan fakir miskin yang ingin menimba ilmu agama di dayah. 

“Tempat berdiri yayasan dan dayah merupakan tanah wakaf dari dua orang warga Seulimum,” kata Tgk Bukhari, yang juga alumni Ma’had Yayasan Azis  Mahmud Huday, Turki. 

Dia menambahkan, tanah wakaf dengan luas sekitar satu hektar berada di perbukitan Gampong  Seulimum. Suasa lingkungan yang asri dimanfaatkan sebagai lokasi pembangunan dayah, juga akan dikembangkan sekolah  dan usaha produktif.  

“Usaha produktif  kita lakukan sebagai penunjang pendidikan santri yatim dan fakir miskin yang mondok di dayah,” katanya.

Menurut Tgk Bukhari,  kegiatan  Bedah Wakaf  Uang dan Taawun Wakaf serta Implementasi di Yayasan Pendidikan  telah menambah pemahaman tentang wakaf bagi pengurus yayasan untuk mengembangkan usaha produktif.  Adapun usaha produktif yang sedang dikembangkan yaitu air masak isi ulang. 

Badah wakaf yang berlangsung satu hari itu menjelaskan tentang  pengelolaan  wakaf uang dan wakaf taawun. “Ada empat manfaat taawun wakaf untuk yayasan, salah satunya taawun wakaf menjadi solusi bagi wali murid mendapatkan wakaf yang besar ditambah dengan santunan,” kata Yon Hendri. 

Yon Hendri menambahkan, beberapa program wakaf uang yang bisa dikembangkan di Yayasan DIAB yaitu  wakaf uang abadi, wakaf uang berjangka dan taawun wakaf. (Jannah)

Editor: smh

0 Response

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel